Cara Mudah Melakukan Perawatan Genset 30 KVA

Genset atau generator set menjadi mesin yang sering muncul untuk mengatasi masalah listrik. Fungsi utama dari mesin ini adalah mempermudah pengguna menghindari risikp pemadaman listrik. Genset sendiri dibagi menjadi berbagai jenis yang semuanya dibuat semakin ramai, pasalnya hampir semua perusahaan mempuanyai merknya masing-masing. Genset 30 KVA sendiri hadirkan dua jenis genset silent type dan open type.

Dari penamaannya saja, Anda mungkin sudah bisa menebak perbedaan diantara keduanya. Dimulai dari silent type yang biasanya digunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga. Bentukan genset dengan jenis ini lebih mungil, sehingga mudah diletakan dan dibawa kemanapun. Beberapa orang sering menyebutnya sebagai genset portable karena pengggunaannya yang mudah dan praktis. Selain itu, genset tersebut tidak menimbulkan bunyi bising. Artinya, aman ketika Anda letakan didalam dan diluar rumah.

Setidaknya, ganget ini tidak akan menganggu tetangga saat digunakan. Sedangkan genset open type lebih besar dan mengeluarkan bunyi bising. Penggunaan genset tipe ini kerap dilakukan pada perusahaan-perusahaan raksasa yang memang sudah memiliki tempat khusus untuk meletakan ganset tersebut. Genset 30 KVA dengan open type sendiri ditawarkan dengan hara yang murah, sehingga bagi Anda yang sudah menyesuaikannya dengan kebutuhan genset ini bisa menjadi alternatif paling menyenangkan. Pertanyaan yang kemudian muncul, bagaimana cara melakukan perawatan terhadap mesin genset? Berikut penjelasannya:

  1. Anda harus meletakan genset ditempat yang aman dan kering. Pilih tempat yang sekiranya tidak mudah dijangkau anak-anak. Sedangkan untuk menghindari konsleting, pengguna waji memastikan ruang yang digunakan tidak lembap.
  2. Lakukan pembersihan mesin genset seminggu sekali. Setidaknya, Anda meluangkan waktu untuk mengelap mesin dari banyaknya debu yang menempel. Genset 30 KVA sendiri mempunai jenis dan merk yang berbeda, tetapi proses pembersihannya terbilang sama dan mudah dilakukan.
  3. Sebaiknya Anda menggunakan tenaga PLN untuk pertama kali melakukan pemasangan genset. Langkah ini dilakukan guna memperkecil risiko yang tidak diinginkan.
  4. Sesuaikan genset dengan arus listrik yang dibutuhkan.

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *